Selasa, 04 Maret 2014

On Vacation Lombok



Pulau yang terletak di Indonesia bagian timur ini memang terkenal akan eksotisme keindahan lautnya. Selain wisata laut yang menjadi destinasi favorite, wisata alam yang lain pun tak kalah jika dibandingkan. Tak hanya itu perpaduan antara budaya Lombok dan Bali dan sentuhan dari etnis lainnya, melahirkan suatu kolaborasi budaya yang sangat unik dan menarik. Mau tahu apa saja? Ini dia diantaranya:


Wisata Budaya


Kota Mataram merupakan kota sekaligus menjadi ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengaruh Adat Sasak dan Adat Bali cukup mewarnai masyarakat di kota ini. Di kota Mataram terdapat museum Nusa Tenggara Barat yang menyimpan benda-benda bersejarah maupun karya-karya seni dan budaya masyarakat NTB.



Perpaduan unik hasil warisan pemerintah Kolonial Belanda dan budaya Hindu, dapat ditemui di sebuah taman yaitu Taman Mayura, di taman ini terdapat bale kambang yaitu tempat pengadilan pada masa pemerintahan Kolonial Belanda dan juga sebuah Pura penuh legenda bernama Pura Mayura.





Selain Pura Mayura, juga ada Pura Batu Bolong yang tak jauh letaknya dari daerah wisata Pantai Senggigi. Di Pura ini sering kali digunakan untuk upacara adat oleh masyarakat Hindu-Bali.








Selanjutnya perjalanan kita lanjutkan ke Taman Narmada, yaitu sebuah taman dengan sumber air yang konon dipercaya sebagai air awet muda. Di sini dibangun pula miniatur dari danau Segara Anak Gunung Rinjani,
Lombok juga terkenal dengan kerajinan tangan, tenun, mutiara  dan gerabah dari tanah liat. Souvenir tersebut dapat menjadi oleh-oleh yang khas dan unik.





Wisata Alam


Bagi kalian yang suka adventure & Hiking, Lombok Utara punya wisata alam yang terkenal yaitu Gunung Rinjani. Ketinggiannya sekitar 3,726 dpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.
Selain itu ada Air Terjun Sendang Gile di Lombok Timur dan pantai-pantai yang indah dengan pasir putihnya di daerah Lombok barat seperti Pantai Senggigi dengan hotel-hotel berbintangnya, pantai malimbu & Gili.









Hotel & Resort


Bagi teman-teman yang ingin menginap, tidak usah khawatir karena banyak sekali hotel dan resort dengan berbagai rate yang menarik untuk dicoba. Untuk area kota Mataram, ada beberapa hotel diantaranya: Lombok Plaza Hotel, Grand Legi, Lombok Garden serta Lombok Raya Hotel bisa jadi pilihan yang tepat karena letaknya yang strategis serta dekat dengan pusat perbelanjaan. Untuk harga terbilang lumayan, mulai 390 ribu s/d 500 ribu per malam.



Untuk daerah di sepanjang pantai Sengigi banyak sekali hotel menarik untuk dicoba dari mulai Hotel bintang 3 s/d bintang 5 tersedia diantaranya: Sengigi Beach Hotel, Novotel, Holiday Resort, The Jayakarta Resort, Sheraton dsb.



Wisata Kuliner


Satu hal yang tidak bisa dihindari ketika berlibur adalah kuliner khas daerah tersebut. Makanan khas Lombok terkenal karena citarasa pedasnya. Jadi semakin pedas makanan tersebut maka makin terkenal di Lombok. Sebut saja Ayam bakar taliwang, Plecing kangkung, Plecing ayam, Sate bulayak dan Sambal beberuk yang sudah terkenal sampai ke kota kota lain di Indonesia.






Oleh-oleh Khas Lombok

Nah bagi teman-teman yang ingin berburu oleh-oleh khas Lombok selain mutiara dan tenun tadi, ada juga T-shirt Lombok dan makanan ringan seperti dodol rumput laut, manisan rumput laut, ting ting kacang mete, kerupuk kaki ayam dsb. Bagi teman-teman penyuka dodol, dodol rumput laut bisa jadi pilihan yang tepat, teksturnya yang kenyal dan banyak varian rasanya seperti rasa melon, nanas, strawberry, nangka, sirsak dan manga. Aneka makanan ringan ini bisa Anda beli di Phoenix Food, sebuah toko oleh-oleh yang ada di dekat pasar Cakranegara, Mataram. 

Sampai jumpa di jalan-jalan selanjutnya ya.. Fighting!!










Created by Dina Lydayani @ Morning Dew 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar