Selasa, 05 April 2016

Review Produk: Mengobati jerawat dengan Papulex Moussant Soap Cleancing Gel, Mediklin TR & Niacef Gel

Setelah melakukan blogwalking ke sana dan ke sini ternyata cukup membangkitkan semangat saya untuk kembali menulis setelah sekian lama vacum hehe.. Kali ini saya akan mereview produk-produk yang pernah saya gunakan untuk mengusir jerawat pada wajah mulus saya dulu. (Saya memberi penekanan pada kata dulu. Iya dulu, kalau sekarang sih.. (ngaca sambil nyanyi wajahku dulu tak begini.. abaikan!)

Jerawat memang umum menghinggapi siapa saja dari berbagai kalangan baik itu ABG kekinian, Mahmud Abas (baca: mamah muda anak baru satu) sampai emak-emak tak luput dari incarannya. Tak heran kalau kebanyakan orang merasa kurang percaya diri atau risih untuk sekedar menatap jerawat yang bertaburan di wajahnya. Begitu pun saya. Saat itu saya bekerja di bagian front office perusahaan swasta asing di Batam, penampilan memang diutamakan terlebih jika ada yang iseng nanya “Wajah kamu kenapa? Kemarin ngga gitu deh.” Pertanyaan-pertanyaan itu yang membuat saya risih dan sedikit melemahkan mental saya. Halah.

Sebenarnya wajah saya memang tipical wajah berminyak namun tidak berjerawat. Namun selama ini tidak pernah bermasalah. Sejak masih duduk di bangku sekolah sampai kerja, kosmetik yang saya gunakan pun tergolong ringan sehingga bisa dibilang tidak pernah muncul jerawat apalagi jerawatan akut. Untuk wajah saya gunakan produk Garnier mulai dari Cleansing Soap, Day Cream, Night Cream, Compact Powder, Susu Pembersih sampai dengan Toner. Dan sebenernya saya udah yakin dan cocok banget sama Garnier, merasa udah jadi soulmate saya dari tahun 2007.

Namun mendekati akhir tahun, tepatnya September tahun 2013 malapetaka itu terjadi. Wajah yang tadinya mulus mulai timbul bintik-bintik kecil, banyak dan tersebar di seluruh wajah. Sebelumnya saya memang mencoba mengganti sabun cuci muka ke produk lain, bukan karena sudah tidak cocok dengan Garnier tapi termakan korban iklan sehingga membeli dan mengganti sabun cuci muka dengan brand lain. Di waktu yang hampir bersamaan roommate saya membeli krim pemutih wajah instant dari Korea (Yang iklannya ada di TV Korea) dan meminta saya untuk mencobanya. Karena penasaran akan hasil yang bisa bikin wajah jadi putih seketika saya pun mencoba. Hasilnya bisa dibilang lumayan bikin wajah putih meski tanpa bedak, tapi hanya berlaku untuk saat itu saja. Giliran sudah cuci muka ya kembali lagi ke skintone awal.

Berawal dari situlah beberapa hari kemudian timbul bintik-bintik kecil menyebar di seluruh wajah. Ditambah dengan kuku jari tangan yang usil bawaannya pingin mencet atau nyuwik, jerawat kecil itu berubah menjadi jerawat besar dan sakit serta meninggalkan bekas hitam pada wajah L .

Di akhir 2013 bertepatan dengan moment mudik, saya disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit di Surabaya. Singkat cerita saya langsung mendatangi dokter Bertha Susanna Syah SpKK, dokter spesialis kulit di Rumah Sakit St. Vincentius A Paulo Surabaya. Dengan beliau saya menceritakan detail problem jerawat saya dan diberi saran untuk kembali ke produk awal yaitu Garnier. Dan untuk pengobatannya beliau memberikan resep sbb:
  • Niacef, Nicotinamide 4% Gel, dioleskan pada jerawat di pagi hari
  •  Mediklin TR Gel, untuk penggunaan pada malam hari
  • Papulex Moussant Cleasing Gel untuk sabun cuci muka, penggunaan 3 x Sehari

  • Niacef Gel


Obat jerawat berbentuk gel bening, dioleskan pada jerawat pada wajah yang sudah dibersihkan. Meskipun berbentuk gel namun tidak lengket dan cepat meresap kedalam kulit. Dan saat itu saya memutuskan untuk tidak menggunakan make up (Pelembab, foundation / BB Cream) saat treatment ini saya jalani. Jadi sehabis cuci muka dan dikeringkan dengan handuk, saya oleskan Niacef gel hanya pada bagian yang berjerawat. Tapi karena saya jerawatannya hampir keseluruhan wajah jadi saya ratain tipis tipis. Selanjutnya tinggal saya pakaikan bedak tipis sekedar untuk menyamarkan kilap. Lanjut pemakaian Eyeliner, Mascara, Lipstick dll. Oya saat itu saya menghindari pemakaian Blush on sementara selama treatment ini. Hasilnya setelah beberapa hari memakai Niacef, jerawat mulai kempes dan jerawat kecil mulai mengering dan terkelupas dengan sendirinya saat mencuci muka. Kereen!



  •  Mediklin TR

Nah Mediklin TR ini hanya untuk digunakan pada malam hari. Penggunaannya mirip dengan Niacef ditinggal dioleskan pada bagian yang berjerawat sehabis mencuci muka. Berbentuk Gel bening dikemas dalam tube, mempunyai bau yang sedikit menyengat tapi masih ok lah. Saya baru tahu malah kalau Mediklin TR punya saudara yaitu Mediklin saja dengan tube berwarna oranye. Saya kurang tahu mengenai perbedaannya, hanya saja Mediklin TR tidak direkomendasikan untuk digunakan pada siang hari atau terkena cahaya matahari langsung. Hasilnya setelah beberapa hari menggunakan produk ini jerawat pada kempes dan kering, secara berangsur-angsur berkurang populasinya hehe.


  •   Papulex Moussant Cleasing Gel

Dan ini dia produk terakhir sekaligus yang paling berhasil mencuri perhatian dan tentu saja mencuri anggaran di dompet saya haha. Dari semua pruduk yang diresepkan oleh dokter Bertha, Papulex ini memang favorite saya. Gelnya yang berwarna hijau bening dengan fragrance yang minim terasa nyaman di muka saya. Dan cleansing ini minim sabun loh tapi dijamin bikin wajah kita bersih maksimal hanya dengan menaruh gel secukupnya di telapak tangan, menambahkan sedikit air dan meratakannya pada wajah. Karena jerawat pada wajah saya saat itu tergolong parah (jerawat besar dan terasa sakit bila disentuh) produk papulex ini mampu mengurangi nyeri akibat peradangan dan mengontrol kelebihan minyak pada wajah saya. Yang bikin saya tambah jatuh cinta, komedo saya hilang dengan sendirinya setelah pemakaian rutin, yang dulunya harus pencet-pencet hidung atau pakai pore-pack untuk mengangkat komedo menjadi tidak perlu lagi setelah memakai Papulex Moussant ini.  Sukaaa J



Dari sekian banyak produk facewash menurut saya Papulex yang terbaik. Berhubung harganya yang lumayan mahal dan jerawat di wajah saya sudah berangsur-angsur sembuh, saya memutuskan untuk kembali ke produk lama yaitu Garnier. Dan sejauh ini masih memakai rangkaian produk Garnier tsb. Oya produk-produk tersebut dapat dengan mudah didapat di apotek Kimia Farma dan mungkin di beberapa apotik lainnya.

Nah demikianlah review dari saya. Bagi teman-teman yang lagi struggle sama jerawat di wajahnya, just keep fighting and never give up!. Namun akan lebih bijak jika kita mengimbangi kecantikan luar yang telah dianugerahkan Tuhan kepada setiap insan bernama Wanita dengan kepribadian, tutur kata, pikiran serta sikap yang juga cantik. Cheers!





14 komentar:

  1. Good job sista,,,,
    Adayg kurang foto kamu,,,hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotoku yang berjerawat parah dulu itu udah ngga ada sist.. Udah kehapus, tadi juga aku cari-cari buat dijadiin bukti di blog ini. Anyway thanks ya sista.. #hug

      Hapus
    2. Hahahaha,,,
      Q masih ad lho sist, foto kita waktu masih unyu_unyu dulu,,, #hugbacktightly

      Hapus
    3. papulex blinya di apoyik apa ya mbak . soalnya aku tanyak di kimia farma ada yg gk tau .

      Hapus
  2. itu bisa langsung beli aja di apotik atau harus pakai resep dl ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lansung beli sist...saya jg pake soalnya..top deh....

      Hapus
  3. Sist yg papulex moussant itu harganya berapaan??reviewnya bagus aku mau coba

    BalasHapus
  4. Berapa lama pemakaian Niacef dan medi-klin

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah mempercayakan prawatan wajah dengan produk sdm. Niacef dan mediklin bisa digunakan malam dan siang hari asal tidak melebihi 6jam pemakaian. Sebagai cleansernya dapat mempercayakan pada topicare cleanser untuk melembabkan sedang untuk sabun wajah dapat menggunakan sabun GA 10%.

    BalasHapus
  6. Terimakasih sudah mempercayakan prawatan wajah dengan produk sdm. Niacef dan mediklin bisa digunakan malam dan siang hari asal tidak melebihi 6jam pemakaian. Sebagai cleansernya dapat mempercayakan pada topicare cleanser untuk melembabkan sedang untuk sabun wajah dapat menggunakan sabun GA 10%.

    BalasHapus
  7. Ka buat ngilangin jerawatnya pakai apa ya

    BalasHapus
  8. Klo sabun cuci muka diganti yg Alen bisa ngga ? Trs diganti merek apa y sis soalnya susah bgt cari nya.mihon di bales komen nya terimakasih

    BalasHapus